![]() |
Berilmu. SIap Berproses |
Sebenarnya yang harus kita nikmati dalam hidup ini adalah proses. Mengapa? Karena yang bernilai dalam hidup ini ternyata adalah proses dan bukan hasil. Kalau hasil itu Allah yang menetapkan, tapi bagi kita punya kewajiban untuk menikmati dua perkara yang dalam aktivitas sehari-hari harus kita jaga, yaitu selalu menjaga setiap niat dari apapun yang kita lakukan dan selalu berusaha menyempurnakan ikhtiar yang dilakukan, selebihnya terserah ALLAH SWT.
Seperti para mujahidin yang berjuang membela bangsa dan agamanya, sebetulnya bukan kemenangan yang terpenting bagi mereka, karena menang-kalah itu akan selalu dipergilirkan kepada siapapun. Tapi yang paling penting baginya adalah bagaimana selama berjuang itu niatnya benar karena ALLAH dan selama berjuang itu akhlaknya juga tetap terjaga. Tidak akan rugi orang yang mampu seperti ini, sebab ketika dapat mengalahkan lawan berarti dapat pahala, kalaupun terbunuh berarti bisa jadi syuhada.
Ketika jualan dalam rangka mencari nafkah untuk keluarga, maka masalah yang terpenting bagi kita bukanlah uang dari jualan itu, karena uang itu ada jalurnya, ada rizkinya dari ALLAH dan semua pasti mendapatkannya. Karena kalau kita mengukur kesuksesan itu dari untung yang didapat, maka akan gampang sekali bagi ALLAH untuk memusnahkan untung yang didapat hanya dalam waktu sekejap. Dibuat musibah menimpanya, dikenai bencana, hingga akhirnya semua untung yang dicari berpuluh-puluh tahun bisa sirna seketika.
Walhasil yang terpenting dari bisnis dan ikhtiar yang dilakukan adalah prosesnya. Misal, bagaimana selama berjualan itu kita selalu menjaga niat agar tidak pernah ada satu miligram pun hak orang lain yang terambil oleh kita, bagaimana ketika berjualan itu kita tampil penuh keramahan dan penuh kemuliaan akhlak, bagaimana ketika sedang bisnis benar-benar dijaga kejujuran kita, tepat waktu, janji-janji kita penuhi.
Dan keuntungan bagi kita ketika sedang berproses mencari nafkah adalah dengan sangat menjaga nilai-nilai perilaku kita. Perkara uang sebenarya tidak usah terlalu dipikirkan, karena ALLAH Mahatahu kebutuhan kita lebih tahu dari kita sendiri. Kita sama sekali tidak akan terangkat oleh keuntungan yang kita dapatkan, tapi kita akan terangkat oleh proses mulia yang kita jalani.
Ini perlu dicamkan baik-baik bagi siap pun yang sedang bisnis bahwa yang termahal dari kita adalah nilai-nilai yang selalu kita jaga dalam proses. Termasuk ketika kuliah bagi para pelajar, kalau kuliah hanya menikmati hasil ataupun hanya ingin gelar, bagaimana kalau meninggal sebelum diwisuda? Apalagi kita tidak tahu kapan akan meninggal. Karenanya yang paling penting dari perkuliahan, tanya dulu pada diri, mau apa dengan kuliah ini? Kalau hanya untuk mencari isi perut, kata Imam Ali, "Orang yang pikirannya hanya pada isi perut, maka derajat dia tidak akan jauh beda dengan yang keluar dari perutnya". Kalau hanya ingin cari uang, hanya tok uang, maka asal tahu saja penjahat juga pikirannya hanya uang.
Bagi kita kuliah adalah suatu ikhtiar agar nilai kemanfaatan hidup kita meningkat. Kita menuntut ilmu supaya tambah luas ilmu hingga akhirnya hidup kita bisa lebih meningkat manfaatnya. Kita tingkatkan kemampuan salah satu tujuannya adalah agar dapat meningkatkan kemampuan orang lain. Kita cari nafkah sebanyak mungkin supaya bisa mensejahterakan orang lain.
Dalam mencari rizki ada dua perkara yang perlu selalu kita jaga, ketika sedang mencari kita sangat jaga nilai-nilainya, dan ketika dapat kita distribusikan sekuat-kuatnya. Inilah yang sangat penting. Dalam perkuliahan, niat kita mau apa nih? Kalau mau sekolah, mau kuliah, mau kursus, selalu tanyakan mau apa nih? Karena belum tentu kita masih hidup ketika diwisuda, karena belum tentu kita masih hidup ketika kursus selesai.
Ah, Sahabat. Kalau kita selama kuliah, selama sekolah, selama kursus kita jaga sekuat-kuatnya mutu kehormatan, nilai kejujuran, etika, dan tidak mau nyontek lalu kita meninggal sebelum diwisuda? Tidak ada masalah, karena apa yang kita lakukan sudah jadi amal kebaikan. Karenanya jangan terlalu terpukau dengan hasil.
Saat melamar seseorang, kita harus siap menerima kenyataan bahwa yang dilamar itu belum tentu jodoh kita. Persoalan kita sudah datang ke calon mertua, sudah bicara baik-baik, sudah menentukan tanggal, tiba-tiba menjelang pernikahan ternyata ia mengundurkan diri atau akan menikah dengan yang lain. Sakit hati sih wajar dan manusiawi, tapi ingat bahwa kita tidak pernah rugi kalau niatnya sudah baik, caranya sudah benar, kalaupun tidak jadi nikah dengan dia. Siapa tahu Allah telah menyiapkan kandidat lain yang lebih cocok.
Atau sudah daftar mau pergi haji, sudah dipotret, sudah manasik, dan sudah siap untuk berangkat, tiba-tiba kita menderita sakit sehingga batal untuk berangkat. Apakah ini suatu kerugian? Belum tentu! Siapa tahu ini merupakan nikmat dan pertolongan dari ALLAH, karena kalau berangkat haji belum tentu mabrur, mungkin ALLAH tahu kapasitas keimanan dan kapasitas keilmuan kita.
Oleh sebab itu, sekali lagi jangan terpukau oleh hasil, karena hasil yang bagus menurut kita belum tentu bagus menurut perhitungan ALLAH. Kalau misalnya kualifikasi mental kita hanya uang 50 juta yang mampu kita kelola. Suatu saat ALLAH memberikan untung satu milyar, nah untung ini justru bisa jadi musibah buat kita.
Karena setiap datangnya rizki akan efektif kalau iman kitanya bagus dan kalau ilmu kitanya bagus. Kalau tidak, datangnya uang, datangnya gelar, datangnya pangkat, datangnya kedudukan, yang tidak dibarengi kualitas pribadi kita yang bermutu sama dengan datangnya musibah. Ada orang yang hina gara-gara dia punya kedudukan, karena kedudukannya tidak dibarengi dengan kemampuan mental yang bagus, jadi petantang-petenteng, jadi sombong, jadi sok tahu, maka dia jadi nista dan hina karena kedudukannya.
Ada orang yang terjerumus, bergelimang maksiat gara-gara dapat untung. Hal ini karena ketika belum dapat untung akan susah ke tempat maksiat karena uangnya juga tidak ada, tapi ketika punya untung sehingga uang melimpah-ruah tiba-tiba dia begitu mudahnya mengakses tempat-tempat maksiat.
Nah, Sahabat. Selalulah kita nikmati proses. Seperti saat seorang ibu membuat kue lebaran, ternyata kue lebaran yang hasilnya begitu enak itu telah melewati proses yang begitu panjang dan lama. Mulai dari mencari bahan-bahannya, memilah-milahnya, menyediakan peralatan yang pas, hingga memadukannya dengan takaran yang tepat, dan sampai menungguinya di open. Dan lihatlah ketika sudah jadi kue, baru dihidangkan beberapa menit saja, sudah habis.
Apalagi biasanya tidak dimakan sendirian oleh yang membuatnya. Bayangkan kalau orang membuat kue tadi tidak menikmati proses membuatnya, dia akan rugi karena dapat capeknya saja, karena hasil proses membuat kuenya pun habis dengan seketika oleh orang lain. Artinya, ternyata yang kita nikmati itu bukan sekedar hasil, tapi proses.
Begitu pula ketika ibu-ibu punya anak, lihatlah prosesnya. Hamilnya sembilan bulan, sungguh begitu berat, tidur susah, berbaring sulit, berdiri berat, jalan juga limbung, masya ALLAH. Kemudian saat melahirkannya pun berat dan sakitnya juga setengah mati. Padahal setelah si anak lahir belum tentu balas budi. Sudah perjuangan sekuat tenaga melahirkan, sewaktu kecil ngencingin, ngeberakin, sekolah ditungguin, cengengnya luar biasa, di SD tidak mau belajar (bahkan yang belajar, yang mengerjakan PR justru malah ibunya) dan si anak malah jajan saja, saat masuk SMP mulai kumincir, masuk SMU mulai coba-coba jatuh cinta.
Bayangkanlah kalau semua proses mendidik dan mengurus anak itu tidak pakai keikhlasan, maka akan sangat tidak sebanding antara balas budi anak dengan pengorbanan ibu bapaknya. Bayangkan pula kalau menunggu anaknya berhasil, sedangkan prosesnya sudah capek setengah mati seperti itu, tiba-tiba anak meninggal, naudzhubillah, apa yang kita dapatkan?
Oleh sebab itu, bagi para ibu, nikmatilah proses hamil sebagai ladang amal. Nikmatilah proses mengurus anak, pusingnya, ngadat-nya, dan rewelnya anak sebagai ladang amal. Nikmatilah proses mendidik anak, menyekolahkan anak, dengan penuh jerih payah dan tetesan keringat sebagai ladang amal. Jangan pikirkan apakah anak mau balas budi atau tidak, sebab kalau kita ikhlas menjalani proses ini, insya ALLAH tidak akan pernah rugi. Karena memang rizki kita bukan apa yang kita dapatkan, tapi apa yang dengan ikhlas dapat kita lakukan.
komunikasi bisnis,pengertian komunikasi bisnis,makalah komunikasi bisnis,komunikasi bisnis adalah,tujuan komunikasi bisnis,komunikasi dalam bisnis,komunikasi bisnis ppt,bisnis komunikasi,manfaat komunikasi bisnis,media komunikasi bisnis,komunikasi bisnis lintas budaya,unsur unsur komunikasi bisnis,modul komunikasi bisnis,makalah tentang komunikasi bisnis,hambatan komunikasi bisnis,melaksanakan komunikasi bisnis,komunikasi bisnis dalam perusahaan,ruang lingkup komunikasi bisnis,pentingnya komunikasi bisnis,komunikasi bisnis yang efektif,pentingnya komunikasi dalam bisnis,mata kuliah komunikasi bisnis,soal komunikasi bisnis,bahan kuliah komunikasi bisnis,memahami komunikasi bisnis,kasus komunikasi bisnis,studi kasus komunikasi bisnis,skripsi komunikasi bisnis,teknologi informasi dan komunikasi,teknologi komunikasi,teknologi informasi komunikasi,teknologi komunikasi dan informasi,teknologi dan komunikasi,peralatan teknologi informasi dan komunikasi,perkembangan teknologi komunikasi,tentang teknologi informasi dan komunikasi,perkembangan teknologi informasi dan komunikasi,makalah teknologi informasi dan komunikasi,teknologi komunikasi adalah,teknologi komunikasi data,manfaat teknologi informasi dan komunikasi,makalah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi,manfaat teknologi komunikasi,apa itu teknologi informasi dan komunikasi,makalah perkembangan teknologi komunikasi,tik teknologi informasi dan komunikasi,peranan teknologi informasi dan komunikasi,perangkat teknologi informasi dan komunikasi,pengantar teknologi informasi dan komunikasi,perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di dunia,informasi teknologi dan komunikasi,teknologi informatika dan komunikasi,kemajuan teknologi informasi dan komunikasi,makalah teknologi komunikasi,ilmu teknologi informasi dan komunikasi,perkembangan teknologi informasi komunikasi,perkembangan teknologi komunikasi dan informasi,perkembangan teknologi dan komunikasi,alat teknologi informasi dan komunikasi,penggunaan teknologi informasi dan komunikasi,teknologi komunikasi informasi,komunikasi teknologi,peralatan teknologi komunikasi,kliping teknologi informasi dan komunikasi,alat alat teknologi informasi dan komunikasi,ilmu komunikasi,pengertian ilmu komunikasi,fakultas ilmu komunikasi,ilmu komunikasi adalah,jurusan ilmu komunikasi,pengantar ilmu komunikasi,ilmu komunikasi ui,mata kuliah ilmu komunikasi,ilmu komunikasi unpad,makalah ilmu komunikasi,skripsi ilmu komunikasi,ilmu komunikasi ugm,judul skripsi ilmu komunikasi,ilmu komunikasi unair,fakultas ilmu komunikasi unpad,tentang ilmu komunikasi,fakultas ilmu komunikasi ui,ilmu komunikasi usu,perkembangan ilmu komunikasi,ruang lingkup ilmu komunikasi,magister ilmu komunikasi,download skripsi ilmu komunikasi,makalah pengantar ilmu komunikasi,kurikulum ilmu komunikasi,komunikasi data,pengertian komunikasi data,komunikasi data adalah,komunikasi data dan jaringan komputer,jaringan komunikasi data,tujuan komunikasi data,komunikasi data dan jaringan,manfaat komunikasi data,jaringan komputer dan komunikasi data,makalah komunikasi data,komponen komunikasi data,media komunikasi data,prinsip komunikasi data,sistem komunikasi data,komunikasi data komputer,konsep komunikasi data,protokol komunikasi data,perangkat komunikasi data,pengertian jaringan komunikasi data,teori komunikasi,teori-teori komunikasi,teori komunikasi organisasi,teori komunikasi massa,teori komunikasi pemasaran,teori psikologi komunikasi,teori komunikasi interpersonal,teori ilmu komunikasi,teori teori komunikasi massa,teori komunikasi bisnis,teori komunikasi antar budaya,teori sosiologi komunikasi,teori desain komunikasi visual,komunikasi efektif,komunikasi yang efektif,pengertian komunikasi efektif,pengertian komunikasi yang efektif,cara komunikasi yang efektif,hambatan komunikasi efektif,syarat komunikasi efektif,komunikasi efektif dokter pasien,cara komunikasi efektif,komunikasi yg efektif,ciri ciri komunikasi efektif,komunikasi yang efektif adalah,komunikasi secara efektif,tips komunikasi efektif,komunikasi yang tidak efektif,komunikasi yang efektif dan efisien,membangun komunikasi yang efektif,komunikasi massa,pengertian komunikasi massa,komunikasi massa adalah,makalah komunikasi massa,karakteristik komunikasi massa,komunikasi media massa,media komunikasi massa,skripsi komunikasi massa,sosiologi komunikasi massa,ruang lingkup komunikasi massa,kasus komunikasi massa,jenis jenis komunikasi,jenis komunikasi,jenis jenis media komunikasi,jenis media komunikasi,jenis komunikasi data,jenis jenis komunikasi data,jenis jenis alat komunikasi,jenis alat komunikasi,jenis komunikasi verbal,jenis komunikasi non verbal,jenis jenis komunikasi bisnis,jenis jenis komunikasi verbal,jenis jenis komunikasi non verbal,definisi komunikasi,definisi komunikasi organisasi,definisi komunikasi politik,definisi komunikasi bisnis,definisi teknologi informasi dan komunikasi,definisi ilmu komunikasi,definisi komunikasi data,definisi teknologi komunikasi,definisi teori komunikasi,definisi komunikasi pemasaran,definisi komunikasi efektif,definisi komunikasi interpersonal,definisi komunikasi kesehatan,definisi komunikasi lintas budaya,definisi manajemen komunikasi,definisi media komunikasi,definisi desain komunikasi visual,definisi alat komunikasi,definisi strategi komunikasi,komunikasi politik,pengertian komunikasi politik,teori komunikasi politik,makalah komunikasi politik,media komunikasi politik,alat komunikasi politik,saluran komunikasi politik,komunikasi organisasi,komunikasi dalam organisasi,makalah komunikasi organisasi,pengertian komunikasi organisasi,pentingnya komunikasi dalam organisasi,komunikasi organisasi adalah,peran komunikasi dalam organisasi,komunikasi efektif dalam organisasi,komunikasi organisasi ppt,jaringan komunikasi organisasi,masalah komunikasi dalam organisasi,peranan komunikasi dalam organisasi,skripsi komunikasi organisasi,komunikasi yang efektif dalam organisasi,hambatan komunikasi organisasi,tujuan komunikasi organisasi,jurnal komunikasi dalam organisasi,komunikasi organisasi dalam perusahaan,komunikasi non verbal,komunikasi verbal dan non verbal,pengertian komunikasi non verbal,makalah komunikasi non verbal,bentuk komunikasi non verbal,makalah komunikasi verbal dan non verbal,kelebihan dan kekurangan komunikasi non verbal,definisi komunikasi non verbal,media komunikasi,pengertian media komunikasi,media komunikasi visual,media komunikasi audio,komunikasi media,internet sebagai media komunikasi,media komunikasi adalah,manfaat media komunikasi,makalah media komunikasi,media komunikasi modern,manfaat internet sebagai media komunikasi,media komunikasi audio visual,media media komunikasi,musik sebagai media komunikasi,model komunikasi,model-model komunikasi,model komunikasi data,model proses komunikasi,model komunikasi massa,model komunikasi pemasaran,model komunikasi linear,model komunikasi berlo,model-model komunikasi massa,model komunikasi kesehatan,model dasar komunikasi,model komunikasi wilbur schramm,model komunikasi s-r,fungsi komunikasi,fungsi media komunikasi,fungsi komunikasi dalam organisasi,fungsi fungsi komunikasi,fungsi komunikasi massa,fungsi komunikasi non verbal,fungsi komunikasi data,fungsi bahasa sebagai alat komunikasi,fungsi alat komunikasi,fungsi komunikasi organisasi,fungsi dan tujuan komunikasi,fungsi komunikasi bisnis,fungsi bahasa dalam komunikasi,fungsi email sebagai alat komunikasi,fungsi komunikasi antar pribadi,fungsi komunikasi pendidikan,fungsi teknologi informasi dan komunikasi,contoh komunikasi,contoh komunikasi non verbal,contoh komunikasi verbal,contoh komunikasi massa,contoh makalah komunikasi,contoh komunikasi data,contoh media komunikasi,contoh komunikasi efektif,contoh judul skripsi komunikasi,contoh komunikasi bisnis,contoh alat komunikasi,contoh komunikasi verbal dan non verbal,contoh makalah komunikasi bisnis,contoh komunikasi organisasi,contoh komunikasi politik,contoh komunikasi interpersonal,contoh komunikasi nonverbal,contoh desain komunikasi visual,contoh skripsi ilmu komunikasi,contoh komunikasi antar budaya,contoh teknologi komunikasi,contoh komunikasi persuasif,contoh judul skripsi ilmu komunikasi,contoh teknologi informasi dan komunikasi,contoh kasus komunikasi bisnis,contoh jurnal komunikasi,contoh contoh komunikasi,contoh model komunikasi,contoh kasus komunikasi massa,pengertian komunikasi menurut para ahli,definisi komunikasi menurut para ahli,komunikasi menurut para ahli,pengertian komunikasi bisnis menurut para ahli,komunikasi massa menurut para ahli,komunikasi menurut ahli,artikel komunikasi,artikel komunikasi bisnis,artikel tentang komunikasi,artikel teknologi informasi dan komunikasi,artikel komunikasi non verbal,artikel komunikasi data,artikel tentang teknologi informasi dan komunikasi,artikel ilmu komunikasi,artikel perkembangan teknologi informasi dan komunikasi,artikel komunikasi interpersonal,contoh artikel komunikasi,artikel teknologi komunikasi,artikel komunikasi organisasi,artikel tentang komunikasi bisnis,artikel komunikasi pendidikan,artikel komunikasi dalam organisasi,artikel komunikasi efektif,artikel komunikasi kesehatan,artikel alat komunikasi,jurnal komunikasi,jurnal komunikasi organisasi,jurnal ilmu komunikasi,jurnal komunikasi bisnis,jurnal ilmiah komunikasi,jurnal komunikasi interpersonal,jurnal komunikasi massa,jurnal penelitian komunikasi,jurnal tentang komunikasi,jurnal internasional komunikasi,proses komunikasi,proses komunikasi efektif,proses komunikasi bisnis,proses komunikasi massa,bagan proses komunikasi,proses komunikasi data,skema proses komunikasi,proses komunikasi organisasi,proses komunikasi pemasaran,hambatan dalam komunikasi,komunikasi dalam keperawatan,komunikasi dalam keluarga,komunikasi dalam manajemen,komunikasi dalam islam,komunikasi dalam konseling,komunikasi terapeutik dalam keperawatan,komunikasi dalam kelompok,komunikasi dalam perusahaan,komunikasi dalam pembelajaran,komunikasi dalam manajemen keperawatan,komunikasi dalam kepemimpinan,media komunikasi dalam jaringan,media dalam komunikasi,pesan dalam komunikasi,komunikasi dan konseling dalam praktek kebidanan,pengertian komunikasi,pengertian teknologi informasi dan komunikasi,pengertian teknologi komunikasi,pengertian sistem komunikasi,pengertian teknologi informasi komunikasi,pengertian komunikasi lisan,pengertian komunikasi interpersonal,pengertian manajemen komunikasi,pengertian teknologi dan komunikasi,pengertian komunikasi internasional,pengertian teknologi komunikasi dan informasi,pengertian satelit komunikasi,macam macam komunikasi,macam komunikasi,macam-macam teori komunikasi,macam-macam media komunikasi,macam macam alat komunikasi,macam media komunikasi,macam macam komunikasi bisnis,macam macam teknologi informasi dan komunikasi,sejarah komunikasi,sejarah ilmu komunikasi,sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi,sejarah teknologi informasi dan komunikasi,sejarah perkembangan teknologi komunikasi,sejarah perkembangan komunikasi,sejarah perkembangan ilmu komunikasi,sejarah komunikasi manusia,sejarah komunikasi massa,sejarah teknologi komunikasi,sejarah komunikasi data,sejarah komunikasi di indonesia,sejarah teknologi informasi komunikasi,strategi komunikasi,strategi komunikasi pemasaran,pengertian strategi komunikasi,teori strategi komunikasi,strategi komunikasi politik,strategi komunikasi adalah,skripsi strategi komunikasi,strategi komunikasi bisnis,strategi komunikasi pemasaran terpadu,strategi komunikasi kesehatan,komunikasi antar pribadi,komunikasi antar budaya,komunikasi antar personal,makalah komunikasi antar pribadi,komunikasi antar manusia,komunikasi antar persona,skripsi komunikasi,judul skripsi komunikasi,kumpulan judul skripsi komunikasi,skripsi komunikasi kualitatif,judul skripsi komunikasi kuantitatif,skripsi tentang komunikasi,kumpulan skripsi komunikasi,skripsi komunikasi public relations,desain komunikasi visual,pengertian desain komunikasi visual,desain komunikasi visual adalah,jurusan desain komunikasi visual,fakultas desain komunikasi visual,tugas akhir desain komunikasi visual,kurikulum desain komunikasi visual,materi komunikasi bisnis,materi komunikasi,materi komunikasi efektif,materi komunikasi data,materi training komunikasi,materi teknologi informasi dan komunikasi,materi kuliah komunikasi bisnis,materi ilmu komunikasi,etika komunikasi,etika komunikasi bisnis,etika dalam komunikasi,etika komunikasi adalah,etika komunikasi massa,pengertian alat komunikasi,alat komunikasi,alat komunikasi modern,alat alat komunikasi,alat komunikasi kantor,alat komunikasi moderen,komunikasi pemasaran,pengertian komunikasi pemasaran,bauran komunikasi pemasaran,komunikasi pemasaran adalah,tujuan komunikasi pemasaran,skripsi komunikasi pemasaran,makalah komunikasi pemasaran,teknik komunikasi,teknik komunikasi efektif,teknik teknik komunikasi,teknik komunikasi persuasif,pengertian teknik komunikasi,teknik informasi dan komunikasi,teknik komunikasi yang baik,teknik komunikasi arsitektur,jaringan komunikasi,pengertian jaringan komunikasi,komunikasi jaringan,komunikasi dan jaringan,jaringan komunikasi adalah,dasar dasar komunikasi,dasar komunikasi,dasar-dasar komunikasi bisnis,mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi,dasar dasar ilmu komunikasi,komunikasi dasar,konsep dasar komunikasi data,dasar komunikasi data,komunikasi pendidikan,pengertian komunikasi pendidikan,komunikasi dalam pendidikan,makalah komunikasi pendidikan,teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan,komunikasi dan pendidikan,bentuk komunikasi,bentuk bentuk komunikasi,bentuk komunikasi data,bentuk komunikasi bisnis,bentuk bentuk komunikasi bisnis,komunikasi kesehatan,pengertian komunikasi kesehatan,makalah komunikasi kesehatan,komunikasi kesehatan masyarakat,perencanaan komunikasi kesehatan,arti komunikasi,arti teknologi informasi dan komunikasi,arti penting komunikasi,arti komunikasi efektif,arti komunikasi bisnis,komunikasi visual,design komunikasi visual,komunikasi audio visual,disain komunikasi visual,alat komunikasi visual,informasi dan komunikasi,kementerian komunikasi dan informasi,kementerian informasi dan komunikasi,komunikasi dan informasi,tekhnologi informasi dan komunikasi,perbedaan informasi dan komunikasi,informasi komunikasi,komunikasi informasi,tehnologi informasi dan komunikasi,departemen komunikasi dan informasi,komunikasi informasi edukasi,departemen informasi dan komunikasi,komunikasi informasi dan edukasi,komunikasi informasi akuntansi,bahasa sebagai alat komunikasi,bahasa tubuh dalam komunikasi,bahasa komunikasi,komunikasi bahasa,bahasa indonesia sebagai alat komunikasi,bahasa sebagai sarana komunikasi,bahasa sebagai sarana komunikasi ilmiah,bahasa indonesia sebagai media komunikasi,gambar komunikasi,gambar proses komunikasi,gambar komunikasi non verbal,gambar media komunikasi,gambar model komunikasi,gambar komunikasi verbal,gambar desain komunikasi visual,gambar teknologi informasi dan komunikasi,sistem komunikasi indonesia,komunikasi politik di indonesia,fakultas komunikasi terbaik di indonesia,pengertian sistem komunikasi indonesia,ilmu komunikasi terbaik di indonesia,perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di indonesia,perkembangan komunikasi di indonesia,ilmu komunikasi universitas indonesia,komunikasi indonesia,perkembangan ilmu komunikasi di indonesia,komunikasi pembangunan,pengertian komunikasi pembangunan,komunikasi sosial dan pembangunan,definisi komunikasi pembangunan,strategi komunikasi pembangunan,s2 komunikasi,s2 komunikasi ui,beasiswa s2 komunikasi,s2 ilmu komunikasi,s2 komunikasi ugm,jurusan komunikasi,kuliah jurusan komunikasi,judul skripsi jurusan komunikasi,universitas jurusan komunikasi,skripsi jurusan komunikasi,komunikasi pdf,komunikasi interpersonal pdf,psikologi komunikasi pdf,komunikasi bisnis pdf,komunikasi efektif pdf,jurnal komunikasi pdf,teori komunikasi pdf,ilmu komunikasi pdf,komunikasi pemasaran pdf,prospek kerja ilmu komunikasi,komunikasi di tempat kerja,komunikasi kerja,lowongan kerja komunikasi,lowongan kerja jurusan komunikasi,lowongan kerja ilmu komunikasi,buku komunikasi,buku psikologi komunikasi,buku komunikasi organisasi,buku komunikasi politik,buku komunikasi massa,contoh proposal skripsi komunikasi,proposal komunikasi,proposal penelitian komunikasi,contoh proposal komunikasi,contoh proposal penelitian komunikasi,teknologi informasi dan komunikasi terbaru,perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terbaru,teknologi komunikasi terbaru,artikel teknologi informasi dan komunikasi terbaru,artikel perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terbaru,tujuan komunikasi,psikologi komunikasi,unsur unsur komunikasi,komunikasi adalah,hambatan komunikasi,komunikasi verbal,sistem komunikasi,komunikasi sosial,prinsip komunikasi,manfaat komunikasi,komunikasi persuasif,manajemen komunikasi,komunikasi lisan,prinsip prinsip komunikasi,metode komunikasi,konsep komunikasi,pentingnya komunikasi,komunikasi publik,komunikasi lintas budaya,komunikasi nonverbal,pola komunikasi,apa itu komunikasi,komunikasi yang baik,cara komunikasi yang baik,komunikasi interpersonal,saluran komunikasi,komunikasi internal,fakultas komunikasi,ruang lingkup komunikasi,lambang komunikasi,komunikasi perkantoran,komunikasi masa,hambatan hambatan komunikasi,komunikasi satu arah,komunikasi keluarga,makalah tentang komunikasi,elemen komunikasi,faktor komunikasi,bidang komunikasi,gangguan komunikasi,komunikasi verbal adalah,komunikasi formal,komunikasi keperawatan,perencanaan komunikasi,keterampilan komunikasi,kementerian komunikasi dan informatika,komunikasi ppt,komponen komponen komunikasi,komunikasi vertikal,gaya komunikasi,komunikasi kelompok,defenisi komunikasi,pengantar komunikasi,lambang lambang komunikasi,komunikasi asertif,komunikasi langsung,sifat komunikasi,komunikasi administrasi,komunikasi pertanian,cara komunikasi,komunikasi manajemen,komunikasi verbal dan nonverbal,menteri komunikasi,komunikasi pemerintahan,tipe komunikasi,ruang lingkup psikologi komunikasi,komunikasi internasional,tehnik komunikasi,komunikasi online,tentang komunikasi,menteri komunikasi dan informatika,komunikasi horizontal,komunikasi terapeutik,komunikasi audio,bagan komunikasi,komunikasi intrapersonal,sosiologi komunikasi,kuliah komunikasi,komunikasi tertulis,syarat komunikasi,pelatihan komunikasi,komunikasi dakwah,istilah komunikasi,komunikasi pada anak,tesis komunikasi,komunikasi dokter pasien,komunikasi umum,komunikasi multimedia,metode penelitian komunikasi,tingkatan komunikasi,perkembangan komunikasi,elemen-elemen komunikasi,komunikasi islam,tipe tipe komunikasi,konteks komunikasi,magister komunikasi,marketing komunikasi,makna komunikasi,masalah komunikasi,iklim komunikasi,seminar komunikasi,paradigma komunikasi,aspek komunikasi,komunikasi pembelajaran,kegunaan komunikasi,komunikasi kelompok kecil,kementrian komunikasi dan informatika,kasus komunikasi,komunikasi skill,komunikasi 2 arah,komunikasi tradisional,belajar komunikasi,komunikasi tidak langsung,komunikasi perusahaan,dimensi komunikasi,pola komunikasi keluarga,komunikasi melalui telepon,komunikasi pada lansia,komunikasi konseling,komunikasi kepemimpinan,departemen komunikasi dan informatika,komunikasi personal,pengaruh komunikasi,seni komunikasi,komunikasi elektronik,makalah psikologi komunikasi,tata hubungan komunikasi,komunikasi pada bayi,komunikasi agribisnis,komunikasi penyiaran islam,komunikasi primer,komunikasi pelanggan,training komunikasi,kegiatan komunikasi,komunikasi antarpribadi,komunikasi internet,komunikasi antarbudaya,peralatan komunikasi,komunikasi terapeutik pada lansia,komunikasi internal dan eksternal,sarana komunikasi,komunikasi modern,satelit komunikasi,asas asas komunikasi,protokol komunikasi,tips komunikasi,perangkat komunikasi,komunikasi telepon,desain komunikasi,audit komunikasi,komunikasi interaktif,komunikasi anak,pakar komunikasi,komunikasi virtual,aplikasi komunikasi,ebook komunikasi,komunikasi penyuluhan,sumber komunikasi,alur komunikasi,komunikasi intra personal,tahap komunikasi,distorsi komunikasi,komunikasi masyarakat,video komunikasi,komunikasi tulisan,komunikasi profesional,komunikasi diadik,globalisasi komunikasi,universitas komunikasi,komunikasi dengan anak,penghambat komunikasi,konsep komunikasi keperawatan,departemen komunikasi,komunikasi satelit,makalah manajemen komunikasi,pola-pola komunikasi,lowongan dosen komunikasi,komunikasi pribadi,modul komunikasi,komunikasi dengan pelanggan,komunikasi dan perilaku konsumen,komunikasi lingkungan,pesan komunikasi,komunikasi dan konseling,level komunikasi,komunikasi jarak jauh,magister komunikasi ui,judul penelitian komunikasi,komunikasi kebidanan,skill komunikasi,komunikasi periklanan,komunikasi linear,perencanaan program komunikasi,makalah komunikasi pemerintahan,krisis komunikasi,komunikasi marketing,komunikasi tatap muka,tips komunikasi yang baik,komunikasi sosial budaya,komunikasi unair,komunikasi organisasional,studi kasus komunikasi,permainan komunikasi,dunia komunikasi,komunikasi grafis,games komunikasi,komunikasi komputer,multimedia komunikasi,komunikasi dan budaya,azas azas komunikasi,sekolah komunikasi,komunikasi perawat,komunikasi global,komunikasi audit,berita tentang komunikasi,judul tesis komunikasi,marketing komunikasi adalah,komunikasi inter personal,komunikasi manajerial,akademi komunikasi yogyakarta,riset komunikasi,berita komunikasi,jalur komunikasi,dinamika komunikasi,daftar pustaka komunikasi,komunikasi positif,komunikasi aktif,komunikasi,fakultas universitas padjadjaran,unpad fakultas,universitas padjadjaran fakultas
0 komentar :
Post a Comment