![]() |
Salah Seorang Tokoh Filsafat |
Biografi
Nama lengkapnya Abu Nashr Muhammad ibn Muhammad ibn Tarkhan ibn Auzalagh. Dikalangan orang-orang latin abad tengah, Al-Farabi lebih dikenal dengan Abu Nashr. Ia lahir di Wasij, Distrik Farab (sekarang kota Atrar), Turkistan pada 257 H. Pada tahun 330 H, ia pindah ke Damaskus dan berkenalan dengan Saif al-Daulah al-Hamdan, sultan dinasti Hamdan di Allepo.
Nama lengkapnya Abu Nashr Muhammad ibn Muhammad ibn Tarkhan ibn Auzalagh. Dikalangan orang-orang latin abad tengah, Al-Farabi lebih dikenal dengan Abu Nashr. Ia lahir di Wasij, Distrik Farab (sekarang kota Atrar), Turkistan pada 257 H. Pada tahun 330 H, ia pindah ke Damaskus dan berkenalan dengan Saif al-Daulah al-Hamdan, sultan dinasti Hamdan di Allepo.
Sultan memberinya kedudukan sebagai seorang ulama istana dengan tunjangan yang sangat besar, tetapi Al-Farabi memilih hidup sederhana dan tidak tertarik dengan kemewahan dan kekayaan. Al-Farabi dikenal sebagai filsuf Islam terbesar, memiliki keahlian dalam banyak bidang keilmuan dan memandang filsafat secara utuh dan menyeluruh serta mengupasnya secara sempurna, sehingga filsuf yang datang sesudahnya, seperti Ibnu Sina dan Ibn Rusyd banyak mengambil dan mengupas sistem filsafatnya.
Enaknya tuu Disini
Pemaduan Filsafat.
Al-Farabi berusaha memadukan beberapa aliran filsafat yang berkembang sebelumnya terutama pemikiran Plato, Aristoteles, dan Plotinus, juga antara agama dan filsafat. Karena itu ia dikenal filsuf sinkretisme yang mempercayai kesatuan filsafat. Dalam ilmu logika dan fisika, ia dipengaruhi oleh Aristoteles. Dalam masalah akhlak dan politik, ia dipengaruhi oleh Plato. Sedangkan dalam hal matematika, ia dipengaruhi oleh Plotinus.
Untuk mempertemukan dua filsafat yang berbeda seperti dua halnya Plato dan Aristoteles mengenai idea. Aristoteles tidak mengakui bahwa hakikat itu adalah idea, karena apabila hal itu diterima berarti alam realitas ini tidak lebih dari alam khayal atau sebatas pemikiran saja. Sedangkan Plato mengakui idea merupakan satu hal yang berdiri sendiri dan menjadi hakikat segala-galanya.
Al-Farabi menggunakan interpretasi batini, yakni dengan menggunakan ta’wil bila menjumpai pertentangan pikiran antara kedanya. Menurut Al-Farabi, sebenarnya Aristoteles mengakui alam rohani yang terdapat diluar alam ini. Jadi kedua filsuf tersebut sama-sama mengakui adanya idea-idea pada zat Tuhan. Kalaupun terdapat perbedaan, maka hal itu tidak lebih dari tiga kemungkinan:
- Definisi yang dibuat tentang filsafat tidak benar
- Adanya kekeliruan dalam pengetahuan orang-orang yang menduga bahwa antara keduanya terdapat perbedaan dalam dasa-dasar falsafi.
- Pengetahuan tentang adanya perbedaan antara keduanya tidak benar, padahal definisi keduanya tidaklah berbeda, yaitu suatu ilmu yang membahas tentang yang ada secara mutlak.
Adapun perbedaan agama dengan filsafat, tidak mesti ada karena keduanya mengacu kepada kebenaran, dan kebenaran itu hanya satu, kendatipun posisi dan cara memperoleh kebenran itu berbeda, satu menawarkan kebenaran dan lainnya mencari kebenaran. Kalaupun terdapat perbedaan kebenaran antara keduanya tidaklah pada hakikatnya, dan untuk menghindari itu digunakab ta’wil filosofis. Dengan demikian, filsafat Yunani tidak bertentangan secara hakikat dengan ajaran Islam, hal ini tidak berarti Al-farabi mengagungkan filsafat dari agama. Ia tetap mengakui bahwa ajaran Islam mutlak kebenarannya.
b) Jiwa
Adapun jiwa, Al-Farabi juga dipengaruhi oleh filsafat Plato, Aristoteles dan Plotinus. Jiwa bersifat ruhani, bukan materi, terwujud setelah adanya badan dan tidak berpindah-pindah dari suatu badan ke badan lain. Kesatuan antara jiwa dan jasad merupakan kesatuan secara accident, artinya antara keduanya mempunyai substansi yang berbeda dan binasanya jasad tidak membawa binasanya jiwa. Jiwa manusia disebut al-nafs al-nathiqah, yang berasal dari alam ilahi, sedangkan jasad berasal dari alam khalq, berbentuk, beruapa, berkadar, dan bergerak. Jiwa diciptakan tatkala jasad siap menerimanya.
Mengenai keabadian jiwa, Al-Farabi membedakan antara jiwa kholidah dan jiwa fana. Jiwa khalidah yaitu jiwa yang mengetahui kebaikan dan berbuat baik, serta dapat melepaskan diri dari ikatan jasmani. Jiwa ini tidak hancur dengan hancurnya badan.
c) Politik
Pemikiran Al-Farabi lainnya yang sangat penting adalah tentang politik yang dia tuangkan dalam karyanya, al-Siyasah al- Madiniyyah (Pemerintahan Politik) dan ara’ al-Madinah al-Fadhilah (Pendapat-pendapat tentang Negara Utama) banyak dipengaruhi oleh konsep Plato yang menyamakan negara dengan tubuh manusia. Ada kepala, tangan, kaki dan anggota tubuh lainnya yang masing-masing mempunyai fungsi tertentu. Yang paling penting dalam tubuh manusia adalah kepala, karena kepalalah (otak) segala perbuatan manusia dikendalikan, sedangkan untuk mengendalikan kerja otak dilakukan oleh hati.
Demikian juga dalam negara. Menurut Al-Farabi yang amat penting dalam negara adalah pimpinannya atau penguasanya, bersama-sama dengan bawahannya sebagai mana halnya jantung dan organ-organ tubuh yang lebih rendah secara berturut-turut. Pengusa ini harus orang yang lebih unggul baik dalam bidang intelektual maupun moralnya diantara yang ada. Disamping daya profetik yang dikaruniakan Tuhan kepadanya, ia harus memilki kualitas-kualitas berupa: kecerdasan, ingatan yang baik, pikiran yang tajam, cinta pada pengetahuan, sikap moderat dalam hal makanan, minuman, dan seks, cinta pada kejujuran, kemurahan hati, kesederhanaan, cinta pada keadilan, ketegaran dan keberanian, serta kesehatan jasmani dan kefasihan berbicara.
Tentu saja sangat jarang orang yang memiliki semua kualitas luhur tersebut, kalau terdapat lebih dari satu, maka menurut Al-Farabi yang diangkat menjadi kepala negara seorang saja, sedangkan yang lain menanti gilirannya. Tetapi jika tidak terdapat seorang pun yang memiliki secara utuh. Dua belas atribut tersebut, pemimpin negara dapat dipikul secara kolektif antara sejumlah warga negara yang termasuk kelas pemimpin.
Pemikiran Al-Farabi tentang kenegaraan terkesan ideal sebagaimana halnya konsepsi yang ditawarkan oleh Plato. Hal ini dimungkinkan, Al-Farabi tidak pernah memangku suatu jabatan pemerintahan, ia lebih menyenangi berkhalawat, menyendiri, sehingga ia tidak mempunyai peluang untuk belajar dari pengalaman dalam pengelolaan urusan kenegaraan. Kemungkinan lain yang melatarbelakangi pemikiran Al-Farabi itu adalah situasi pada waktu itu, kekuasaan Abbassiyah diguncangkan oleh berbagai gejolak, pertentangan dan pemberontakan.
Tentu saja sangat jarang orang yang memiliki semua kualitas luhur tersebut, kalau terdapat lebih dari satu, maka menurut Al-Farabi yang diangkat menjadi kepala negara seorang saja, sedangkan yang lain menanti gilirannya. Tetapi jika tidak terdapat seorang pun yang memiliki secara utuh. Dua belas atribut tersebut, pemimpin negara dapat dipikul secara kolektif antara sejumlah warga negara yang termasuk kelas pemimpin.
Pemikiran Al-Farabi tentang kenegaraan terkesan ideal sebagaimana halnya konsepsi yang ditawarkan oleh Plato. Hal ini dimungkinkan, Al-Farabi tidak pernah memangku suatu jabatan pemerintahan, ia lebih menyenangi berkhalawat, menyendiri, sehingga ia tidak mempunyai peluang untuk belajar dari pengalaman dalam pengelolaan urusan kenegaraan. Kemungkinan lain yang melatarbelakangi pemikiran Al-Farabi itu adalah situasi pada waktu itu, kekuasaan Abbassiyah diguncangkan oleh berbagai gejolak, pertentangan dan pemberontakan.
pengetahuan umum,ilmu pengetahuan umum,pengetahuan umum indonesia,pengetahuan umum terbaru,pengetahuan umum tentang indonesia,pengetahuan umum terkini,himpunan pengetahuan umum,test pengetahuan umum,pengetahuan umum perbankan,pengetahuan umum lengkap,pengetahuan umum sd,blog pengetahuan umum,www.pengetahuan umum.com,ilmu pengetahuan umum indonesia,contoh resensi buku pengetahuan,contoh soal pengetahuan umum,contoh resensi buku pengetahuan populer,contoh pengetahuan,contoh tes pengetahuan umum,contoh buku pengetahuan populer,contoh resensi buku ilmu pengetahuan,contoh soal tes pengetahuan umum,contoh ilmu pengetahuan,contoh resensi pengetahuan,buku pengetahuan populer,pengetahuan populer,rangkuman buku pengetahuan populer,ilmu pengetahuan populer,buku ilmu pengetahuan populer,pengetahuan umum dunia,pengetahuan dunia,ilmu pengetahuan umum dunia,dunia pengetahuan,ilmu pengetahuan dunia,dunia ilmu pengetahuan,pengetahuan islam,pengetahuan tentang islam,islam dan ilmu pengetahuan,ilmu pengetahuan islam,ilmu pengetahuan dalam islam,islam dan pengetahuan,resensi buku pengetahuan,buku pengetahuan,meresensi buku pengetahuan,buku pintar pengetahuan umum,buku ilmu pengetahuan,ilmu pengetahuan dan teknologi,ilmu pengetahuan teknologi,pengetahuan teknologi,perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,pengertian ilmu pengetahuan dan teknologi,makalah ilmu pengetahuan dan teknologi,pengetahuan teknologi informasi,ilmu pengetahuan teknologi dan kemiskinan,pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,soal pengetahuan umum,soal soal pengetahuan umum,soal pengetahuan umum sd,soal pengetahuan umum sma,soal cpns pengetahuan umum,soal pengetahuan umum cpns,soal test pengetahuan umum,pengetahuan agama islam,pengetahuan agama,pengetahuan tentang agama islam,agama islam dan ilmu pengetahuan,agama dan ilmu pengetahuan,artikel pengetahuan,artikel ilmu pengetahuan,artikel tentang ilmu pengetahuan,artikel ilmu pengetahuan alam,artikel tentang pengetahuan,artikel pengetahuan alam,artikel ilmu pengetahuan dan teknologi,artikel pengetahuan terbaru,pengertian pengetahuan menurut para ahli,pengertian ilmu pengetahuan,pengertian pengetahuan,pengertian ilmu dan pengetahuan,pengertian pengetahuan dan ilmu pengetahuan,ilmu pengetahuan alam,www.ilmu pengetahuan alam.com,www.ilmu pengetahuan alam,tentang ilmu pengetahuan alam,ilmu pengetahuan alam adalah,ilmu pengetahuan alam.com,apa itu ilmu pengetahuan alam,sejarah ilmu pengetahuan,sejarah pengetahuan manusia,sejarah perkembangan ilmu pengetahuan,sejarah pengetahuan,ilmu pengetahuan sejarah,tes pengetahuan umum,soal tes pengetahuan umum,tes pengetahuan umum online,tes pengetahuan umum cpns,soal soal tes pengetahuan umum,soal tes cpns pengetahuan umum,kumpulan pengetahuan umum,kumpulan ilmu pengetahuan,kumpulan soal pengetahuan umum,kumpulan pengetahuan,kumpulan resensi buku pengetahuan,dasar-dasar pengetahuan,pengetahuan dasar geografi,dasar-dasar ilmu pengetahuan,dasar ilmu pengetahuan,ilmu pengetahuan dasar,ilmu pengetahuan komputer,pengetahuan komputer,pengetahuan tentang komputer,pengetahuan dasar komputer,ilmu pengetahuan tentang komputer,ilmu pengetahuan,ilmu pengetahuan adalah,perkembangan ilmu pengetahuan,ilmu dan pengetahuan,ilmu pengetahuan terbaru,situs ilmu pengetahuan,apa itu ilmu pengetahuan,perbedaan ilmu dan pengetahuan,pengetahuan dan ilmu pengetahuan,filsafat ilmu pengetahuan,definisi ilmu pengetahuan,manfaat ilmu pengetahuan,perbedaan pengetahuan dan ilmu pengetahuan,arti ilmu pengetahuan,tentang ilmu pengetahuan,sumber ilmu pengetahuan,hakikat ilmu pengetahuan,www.ilmu pengetahuan.com,makalah ilmu pengetahuan,pengetahuan ilmu,berita ilmu pengetahuan,website ilmu pengetahuan,macam macam ilmu pengetahuan,pengembangan ilmu pengetahuan,sumber-sumber ilmu pengetahuan,blog ilmu pengetahuan,puisi ilmu pengetahuan,ilmu pengetahuan baru,perkembangan ilmu pengetahuan di indonesia,ilmu pengetahuan.com,www.ilmu pengetahuan sosial.com,ilmu pengetahuan biologi,www.ilmu pengetahuan,pengetahuan alam,pengetahuan unik,sumber pengetahuan,pengetahuan terbaru,pengetahuan baru,pengetahuan adalah,situs pengetahuan,blog pengetahuan,pengetahuan sosial,pengetahuan ilmiah,arti pengetahuan,pengetahuan pramuka,definisi pengetahuan,konsep pengetahuan,pengetahuan ipa,pengetahuan lingkungan,pengetahuan perbankan,pengetahuan kepramukaan,sistem pengetahuan,cara memperoleh pengetahuan,apa itu pengetahuan,info pengetahuan,pengetahuan tentang kesehatan,pengetahuan kesehatan,berita pengetahuan,pengetahuan sains,definisi pengetahuan menurut para ahli,pengetahuan tentang pramuka,jenis pengetahuan,pengetahuan menarik,pengetahuan penting,pengetahuan bisnis,pengetahuan bahan,pengetahuan tentang perbankan,pengetahuan anak,pengetahuan biologi,pengetahuan internet,sistem berbasis pengetahuan,pengetahuan ekonomi,fungsi pengetahuan,pengetahuan alam semesta,game pengetahuan,defenisi pengetahuan,berbagi pengetahuan,pengetahuan terkini,tentang pengetahuan,pengetahuan tentang internet,pengetahuan peta,informasi pengetahuan,pengetahuan tentang alam,pengetahuan matematika,cerita pengetahuan,pengetahuan aneh,resensi pengetahuan,pengetahuan tentang bank,pengetahuan bahasa indonesia,ebook pengetahuan,pengetahuan iptek,pengetahuan tik,pengetahuan fisika,aplikasi pengetahuan sosiologi,tentang pengetahuan alam,pengetahuan bahasa,pengetahuan bahasa inggris,pengetahuan ips,pengetahuan akuntansi,web pengetahuan,pengetahuan it,pengetahuan olahraga,video pengetahuan,pengetahuan kimia,puisi pengetahuan,sistem informasi pengetahuan,pengetahuan,info iptek terbaru
0 komentar :
Post a Comment